CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 22 Mei 2013

Metode Pembelajaran Yang Dapat Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini



Metode adalah salah satu prosedur yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Metode pembelajaran adalah cara-cara yang digunakan guru dalam menyajikan suatu materi pembelajaran atau permainan dengan memperhatikan keseluruhan situasi belajar dan bermain untuk mencapai suatu tujuan.
Metode-metode yang dibutuhkan untuk membangun pengetahuan pada anak, antara lain:

  1. Metode praktik langsung
Melalui kegiatan praktik langsung diharapkan anak mendapatkan pengalaman melalui interaksi langsung dengan objek. Contoh : Guru menuangkan pasir dalam ember. Guru menekankan kata pada kosa kata yang hendak diperkenalkan pada anak.
  1. Metode cerita atau dongeng
Melalui kegiatan bercerita atau mendongeng diharapkan anak mendapatkan pengetahuan bagaimana cara menyampaikan pesan pada orang lain agar orang lain mampu memahami pesan-pesan yang ingin disampaikan. Ketika anak mendengarkan suatu cerita, anak akan belajar mengembangkan kemampuan kognisi, perbendaharaan dan tata bahasa,emosi, sosialisasi, partisipasi, kebiasaan bekerja dan juga motoriknya. Contoh : Guru bercerita kupu-kupu bersayap merah.
  1. Metode Tanya jawab
Metode ini membangun pengetahuan anak melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehingga anak dapat menjaab dan membuat pertanyaan sesuai dengan informasi yang ingin diperolehnya. Disamping itu juga diharapkan anak mampu mengingat, memikirkan dan menganalisis suatu hal yang menjadi bahan pelajaran atau permainan yang dihadapinya.
  1. Metode Proyek
Metode Proyek memberikan kesempatan pada anak melakukan eksplorasi pada lingkungan disekitar anak dengan lingkungan sebagai proyek belajar anak. Contoh : anak bermain pasir dipantai, ia akan membuat istana atau sesuatu yang ia sukai.
  1. Metode bermain Peran
Bermain peran adalah suatu kegiatan untuk memerankan sesuatu di luar perannya sendiri agar anak dapat memiliki pemahaman dan pandangan yang benar tentang sejarah dimasa lampau, kemungkinan peristiwa dimasa dating dan peristiwa hangat yang memiliki arti penting di masa kini atau situasi yang diciptakan setiap saat dan disetiap tempat. Contoh : seorang anak disuruh memperagakan profesi dokter, ia akan berpura-pura memeriksa pasiennya.
  1. Metode demonstrasi
Metode demonstrasi digunakan untuk membangun pengetahuan pada anak, yaitu dengan cara menunjukkan atau memperagakan suatu tahapan kejadian, proses, dan peristiwa. Contoh : guru ingin mengenalkan warna hijau. Warna hijau adalah hasil campuran warna kuning dengan biru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 22 Mei 2013

Metode Pembelajaran Yang Dapat Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini



Metode adalah salah satu prosedur yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Metode pembelajaran adalah cara-cara yang digunakan guru dalam menyajikan suatu materi pembelajaran atau permainan dengan memperhatikan keseluruhan situasi belajar dan bermain untuk mencapai suatu tujuan.
Metode-metode yang dibutuhkan untuk membangun pengetahuan pada anak, antara lain:

  1. Metode praktik langsung
Melalui kegiatan praktik langsung diharapkan anak mendapatkan pengalaman melalui interaksi langsung dengan objek. Contoh : Guru menuangkan pasir dalam ember. Guru menekankan kata pada kosa kata yang hendak diperkenalkan pada anak.
  1. Metode cerita atau dongeng
Melalui kegiatan bercerita atau mendongeng diharapkan anak mendapatkan pengetahuan bagaimana cara menyampaikan pesan pada orang lain agar orang lain mampu memahami pesan-pesan yang ingin disampaikan. Ketika anak mendengarkan suatu cerita, anak akan belajar mengembangkan kemampuan kognisi, perbendaharaan dan tata bahasa,emosi, sosialisasi, partisipasi, kebiasaan bekerja dan juga motoriknya. Contoh : Guru bercerita kupu-kupu bersayap merah.
  1. Metode Tanya jawab
Metode ini membangun pengetahuan anak melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehingga anak dapat menjaab dan membuat pertanyaan sesuai dengan informasi yang ingin diperolehnya. Disamping itu juga diharapkan anak mampu mengingat, memikirkan dan menganalisis suatu hal yang menjadi bahan pelajaran atau permainan yang dihadapinya.
  1. Metode Proyek
Metode Proyek memberikan kesempatan pada anak melakukan eksplorasi pada lingkungan disekitar anak dengan lingkungan sebagai proyek belajar anak. Contoh : anak bermain pasir dipantai, ia akan membuat istana atau sesuatu yang ia sukai.
  1. Metode bermain Peran
Bermain peran adalah suatu kegiatan untuk memerankan sesuatu di luar perannya sendiri agar anak dapat memiliki pemahaman dan pandangan yang benar tentang sejarah dimasa lampau, kemungkinan peristiwa dimasa dating dan peristiwa hangat yang memiliki arti penting di masa kini atau situasi yang diciptakan setiap saat dan disetiap tempat. Contoh : seorang anak disuruh memperagakan profesi dokter, ia akan berpura-pura memeriksa pasiennya.
  1. Metode demonstrasi
Metode demonstrasi digunakan untuk membangun pengetahuan pada anak, yaitu dengan cara menunjukkan atau memperagakan suatu tahapan kejadian, proses, dan peristiwa. Contoh : guru ingin mengenalkan warna hijau. Warna hijau adalah hasil campuran warna kuning dengan biru.

0 komentar: